Laboratorium

Di lingkungan Program Studi Teknik Arsitektur FT-UMI terdapat 7 Laboratorium, yaitu:

Laboratorium Perancangan Arsitektur
Merupakan wadah pengembangan ilmu dan keterampilan yang terkait dengan perancangan arsitektur dan kawasan. Hasil kajian menjadi materi yang berguna bagi mahasiswa sebagai bahan pembelajaran berbasis masalah nyata pada perkuliahan serta Studio Desain Arsitektur maupun Studio Desain Arsitektur Terpadu.

Laboratorium Tugas Akhir Arsitektur
Merupakan wadah bagi Mahasiswa Arsitektur tingkat akhir untuk menyelesaikan tugas gambarnya sesuai dengan Acuan Skripsi yang telah dibuat.

Laboratorium Struktur dan Konstruksi
Merupakan wadah kegiatan penelitian tentang struktur dan konstruksi dalam pendekatan arsitektur. Banyak juga memanfaatkan teknologi software arsitektur terkini untuk melakukan simulasi arsitektur. Kajian yang dilakukan banyak melibatkan mahasiswa dan hasilnya menjadi materi pembelajaran yang selalu terbarukan

Laboratorium Kota dan Permukiman
Merupakan wadah kegiatan penelitian dan perencanaan tentang perumahan. Dalam bidang yang merupakan pertemuan antara disiplin sosial, budaya, ekonomi dan fisik yang dipertemukan dalam teknik arsitektur ini banyak dilakukan penelitian yang melibatkan mahasiswa. Di laboratorium ini dikembangkan juga metodologi kuantitatif maupun kualitatif untuk analisis Perancangan Kawasan.

Laboratorium Sains dan Teknologi Bangunan
Merupakan wadah kegiatan penelitian tentang fisika bangunan dengan pendekatan arsitektur. Banyak juga memanfaatkan teknologi software arsitektur terkini untuk melakukan simulasi arsitektur. Kajian yang dilakukan banyak melibatkan mahasiswa dan hasilnya menjadi materi pembelajaran yang selalu terbarukan.

Laboratorium Ruang dalam / Interior
Merupakan wadah kegiatan penelitian tentang penataan ruang dalam dengan pendekatan beberapa konsep dan tema yang variatif. Dan juga

Laboratorium Digital Arsitektur
Merupakan wadah untuk mengembangkan kreatifitas dan skills mahasiswa arsitektur dengan menggunakan beberapa Perangkat Lunak seperti AutoCad, 3DsMax, SketchUp, Lumion, Revit Building dan lainnya. Dengan produk disain dalam bentuk 2 Dimensi. 3Dimensi dan Animasi.